Menampilkan Number of Queries di Wordpress

Menampilkan Number of Queries di Wordpress

Apakah sobat pernah mengunjungi suatu blog dan melihat informasi pada footer tentang jumlah queri serta waktu yang dibutuhkan untuk mengakses query2 tersebut? Yup, itulah yang biasa kita jumpai di blog-blog berbasis wordpress.



Bagi yang belum terbiasa menggunakan wordpress sebagai cms blog mungkin agak bingung ya maksud dari informasi tersebut. Ga usah bingung sob, daripada bingung mendingan baca postingan ini ajah :D




PHP, MySql, Wordpress



CMS Wordpress, PHP, dan MySql



Pada dasarnya, wordpress adalah cms (content management system) yang menggunakan bahasa PHP sebagai bahasa pemogramannya dan MySql sebagai databasenya.



Ketika blog wordpress dijalankan atau diakses, maka akan ada beberapa proses yang berhubungan dengan database seperti pengambilan judul artikel, pengambilan artikel pada halaman index, widget, dan lain-lain.



Tujuan Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time



Number of queries atau jumlah query yang biasanya kita jumpai bertujuan untuk memberi informasi tentang berapa kali blog tersebut mengakses database nya. Informasi ini cukup penting, terutama bagi pemilik blog.



Semakin sedikit jumlah permintaan ke database maka semakin ringan blog tersebut. Number of queries dan waktu yang dibutuhkan juga berpengaruh bagi optimasi SEO, terutama SEO On Page. Hal ini dikarenakan query tersebut bisa dikatakan sebagai bagian dari cms wordpress itu sendiri.



Jadi jika sobat menjumpai blog yang menampilkan

number of queries

serta page load time nya (misal 1,277 seconds) bukan berarti blog tersebut bisa diakses dengan sangat ringan sesuai waktu yg ditampilkan tersebut. Itu hanyalah waktu yang dibutuhkan oleh PHP untuk mengaksees databasenya (yang menggunakan MySql).



Cara Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time



Jika sobat tertarik dan ingin mengetahui bagaimana  menampilkan berapa jumlah kueri ke database sobat bisa menambahkan kode yang sangat simple pada footer.php, kodenya adalah seperti berikut ini

<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds.



Bagaimana? Ternyata mudah sekali menampilkan number of queries dan page load time di wordpress, sama mudahnya dengan import artikel dari blogspot ke wordpress. Semoga bermanfaat.

Recent Posts

Popular Posts

Postingan Populer

CV ABDITRASS APLIKATOR


Tentang Kami.!!!

Kami CV ABDITRASS APLIKATOR adalah Suatu Badan Usaha yang Bergerak di Berbagai Bidang antara lain ;


√ Kontraktor Bangunan dan Umum

√ Bangun dan Jasa Renovasi Rumah

√ Arsitek dan Pelaksana Bangunan

√ Kontraktor Pengeboran Sumur dan Investigasi air dab Tanah dll

√ Pekerjaan Kontruksi

√ Advertising dan Bilboard

√ Jasa Pengiklanan dan digital Product

√ ads & Jual Beli, Penyewaan dan Perdagangan dari A - Z.

√ ads & Jasa dari A - Z.

√ ads & Artikel dari A - Z.

√ all Service

CALL CENTER :

& - abdurrohman - &


CV ABDITRASS APLIKATOR beralamat di :

Jalan Sukaraja Ciluar no 36, Kampung Pasirkakapa Rt 06 / 03, Desa Pasirlaja. Sukaraja. Kabupaten Bogor.



Home <<<<