Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 30, 2012

Pengertian Terasering, Fungsi & Jenisnya

Gambar
Terasering adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanis yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dan atau memperkecil kemiringan lereng dengan jalan penggalian dan pengurugan tanah melintang lereng. Tujuan pembuatan teras adalah untuk mengurangi kecepatan aliran permukaan (run off) dan memperbesar peresapan air, sehingga kehilangan tanah berkurang (Sukartaatmadja 2004).
Terdapat berbagai cara mekanik dalam menahan erosi air dan angin. Cara utama adalah dengan membentuk mulsa tanah dengan cara menyusun campuran dedaunan dan ranting pohon yang berjatuhan di atas tanah; dan membentuk penahan aliran air, misalnya dengan membentuk teras-teras di perbukitan (terasering) dan pertanian berkontur.

Penanaman pada terasering dilakukan dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Jenis terasering antara lain teras datar, teras kredit, Teras Guludan, dan teras bangku.
Jadi…

Definisi Beban Siklik Atau Cyclic Load

Gambar
Parameter pembebanan siklik umum

Beban siklik atau cyclic load adalah pembebanan berulang,sepertitekananberulang yang teraturpadasuatu bagian, yang kadang-kadangmenyebabkanfrakturkelelahan (fatigue).
Deformasiselama pembebanansiklikakan tergantung padakepadatantanah, besarnyadandurasibeban siklik, dan jumlahpembalikantegangan geser. Jikapembalikantegangan(stress reversal) terjadi, tegangan geseryang efektifbisa mencapainol, makapencairan (likuifaksi) siklikdapat terjadi.Jikapembalikanstrestidak terjadi, tegangan efektifnoltidak mungkinterjadi,makamobilitassiklikterjadi
Istilahpembebanansiklikmenyarankan sistempembebananyang menunjukkantingkatketeraturanbaik dalambesarnyadanfrekuensinya. Sistempembebanan yangcenderungsiklikdalam artiinimemangditemuidalam praktek. banyak mesindan bahkanstrukturlepas pantai, misalnya, menyalurkan tekanan (stress)cukupritmiske pondasi. Namun, dalam kasus tersebutmembatasilingkup pekerjaan untuk membatasivolumetidak hanyadibenarkantetapi yang lebih penting.ju…

Apa itu Liquefaction atau Likuifaksi?

Gambar
Liquefaction atau Likuifaksi adalah fenomena di mana kekuatan dan kekakuan tanah berkurang dikarenakan gempa atau pergerakan tanah lainnya. Hal ini merupakan suatu proses atau kejadian berubahnya sifat tanah dari keadaan padat menjadi keadaan cair, yang disebabkan oleh beban siklik pada waktu terjadi gempa sehingga tekanan air pori (porewater) meningkat mendekati atau melampaui tegangan vertikal.Likuifaksi telah bertanggung jawab atas sejumlah besar kerusakan dalam sejarah gempa bumi di seluruh dunia.


Likuifaksi terjadi di tanah jenuh, yaitu tanah di mana ruang antara partikel individu benar-benar penuh dengan air. Air ini memberikan suatu tekanan pada partikel tanah yang mempengaruhi seberapa erat partikel itu sendiri ditekan bersamaan. Sebelum gempa, tekanan air relatif rendah. Namun, getaran gempa dapat menyebabkan tekanan air meningkat ke titik di mana partikel tanah dengan mudah dapat bergerak terhadap satu sama lain.


Getaran gempa sering memicu peningkatan tekanan air namun kegiat…

Concrete Pump, Alat Pemompa Adonan Beton

Gambar
Concrete pump adalah sebuah mesin/alat yang digunakan untuk menyalurkan adonan beton segar dari bawah ke tempat pengecoran atau tempat pengecoran yang letaknya sulit dijangkau oleh truck mixer. Struktur beton bertulang banyak dipilih untuk bangunan tingkat tinggi, maka diperlukan alat-alat konstruksi yang dapat menunjang proses pembangunan tersebut.
Concrete pump jenis mobile berupa alat pompa beton yang menjadi satu kesatuan dengan truk sehingga lebih mudah untuk berpindah tempat.  Sedangkan concrete pump jenis fixed berupa alat pompa beton yang biasanya dalam posisi menetap.
Keuntungan Beberapa keuntungan menggunakan concrete pump adalah :
Untuk saluran pipa hanya membutuhkan tempat yang kecil.Beton bias dipompa secra terus menerus.Pompa dapat bergerak secara vertical dan horizontal.Mobil concrete pump bias ditempatkan dalam proyek besar atau kecil.Concrete pump boom dapat mencapai bangunan konstruksi yang tinggi.Memerlukan waktu yang cukup singkat dalam penggunaan dan pelaksanaannya.
J…

Pondasi, Definisi & Jenisnya Dalam Konstruksi

Gambar
Pondasi adalah suatu konstruksi pada bagian dasar struktur bangunan (sub-structure) yang berfungsi meneruskan beban dari bagian atas struktur bangunan (upper-structure) ke lapisan tanah yang berada di bagian bawahnya tanpa mengakibatkan keruntuhan geser tanah, dan penurunan (settlement) tanah/ Pondasi yang berlebihan.
Karena kekuatan dari sub-struktur ini tergantung pada karakteristik tanah pendukungdan pengaruh dari super-struktur, maka struktur pondasi dan lapisan tanah harus diperhitungkan sebagai satu kesatuan.
Pondasi harus diperhitungkan untuk dapat menjamin kestabilan Bangunan terhadap berat sendiri, beban - beban bangunan, gaya-gaya luar seperti : tekanan angin, gempa bumi, dan lain-lain. Disamping itu, tidak boleh terjadi penurunan melebihi batas yang diijinkan. Agar Kegagalan fungsi pondasi dapat dihindari, maka pondasi Bangunan harus diletakkan pada lapisan tanah yang cukup keras, padat, dan kuat mendukung beban bangunan tanpa menimbulkan penurunan yang berlebihan.
Adapun bebe…

Waterproofing Dalam Konstruksi

Gambar
Dalam konstruksi bangunan, struktur membutuhkan waterproofing sebagaimana beton itu sendiri tidak akan kedap (watertight) dengan sendirinya, namun beton mudah kedap air/waterproofed dengan tambahan aditif. Sistem waterproofing yang konvensional mempergunakan 'membran'. Hal ini bergantung pada penerapan satu atau lebih lapisan membran (tersedia dalam berbagai bahan: misalnya, aspal, silikat, (PVC, EPDM dll) yang bertindak sebagai penghalang antara air dan struktur bangunan, mencegah masuknya air. Namun, sistem membran bergantung pada aplikasi yang pasti atau exact, kesulitannya cukup tinggi. Masalah dengan aplikasi atau kesesuaian terhadap substrat dapat menyebabkan kebocoran.



Selama dua dekade terakhir, industri konstruksi telah memiliki kemajuan teknologi dalam bahan waterproofing, termasuk sistem waterproofing terpisahkan (integral waterproofing systems) serta bahan membran yang lebih modern.
Sistem Integral bekerja dalam matriks struktur beton, memberikan kualitas tahan air …

GRC Board, Papan Semen Serbaguna

Gambar
GRC board (Glass-fiber Reinforced Cement) adalah papan semen fiber-glass yang ringan, tahan kelembaban dan tidak mudah lapuk.
GRC boardtidak dapat terbakar (sesuai dengan hasil tes BS 476, Part 4:1970). Baik untuk sistem partisi yang memerlukan ketahanan benturan yang tinggi dan ketahanan terhadap api.
KarakteristikGRC boardyang kuat dan tahan terhadap jamur dan rayap tidak hanya membuat bangunan yang berkualitas tetapi juga memastikan bangunan yang tahan lama dan mudah perawatannya.

Permukaan GRC board yang halus dan datar, memudahkan proses finishing, dapat langsung dicat tanpa harus diplamir. GRC board mudah dalam penanganan dan penggunaannya, sehingga dapat mempercepat proses pemasangan.
GRC board sangat baik untuk sistem partisi kedap suara. GRC board dapat digunakan untuk partisi, plafon luar dan dalam, serta daerah yang terlindung pada gedung perkantoran, pabrik, hotel, sekolah, perumahan, apartemen, rumah sakit, dsb.

Ukuran standar yang tersedia yaitu: 1220mm x 2440mm dengan ket…

Hebel Blok Beton Ringan Pengganti Bata

Gambar
Beton ringan adalah beton yang memiliki berat jenis (density) lebih ringan dari pada beton pada umumnya. Dewasa ini bahan bangunan semakin beragam. Untuk dinding, dahulu orang cenderung menggunakan batako atau batu bata. Namun saat ini orang sudah mengenal Beton Ringan.Sebenarnya Beton Ringan ini sudah dipergunakan oleh masyarakat swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan dan dikembangkan oleh orang jerman bernama Hebel yang sekarang dipakai oleh merek  oleh pabrikan besar yang dikenal orang dengan nama Beton Hebel atau Bata Hebel. Keunggulan Memakai Hebel1.Kuat
Proses aerasi yang homogen dan terkendali secara komputerisasi menghasilkan beton ringan dengan kuat tekan yang paling tinggi namun paling ringan di kelasnya. ProdukHebel dapat digunakan sebagai sistem Struktur Dinding Pemikul (Load Bearing Wall)
2. RinganDengan struktur homogen (tanpa rongga vertikal dan horizontal di dalammya) dan berat 1/5 beton biasa, produkHebel dapat mengurangi…

Apa itu Beton? Definisi & Sejarah Beton

Gambar
Beton merupakan bahan konstruksi komposit yang terdiri dari agregat, semen, dan air. Ada banyak formulasi, yang memberikan sifat bervariasi. Agregat umumnya kerikil kasar atau batuan hancur seperti batu gamping, atau granit, bersama dengan agregat halus seperti pasir. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air, berfungsi sebagai pengikat untuk agregat.
Berbagai bahan campuran kimia (Admixtures ) juga ditambahkan untuk mencapai sifat yang bervariasi. Pertama tama air dicampur dengan komposit kering (dry composite), yang memungkinkan untuk dibentuk (biasanya dituangkan/dicor) dan kemudian dipadatkan dan mengeras menjadi sekeras batu melalui proses kimia yang disebut hidrasi. Air bereaksi dengan semen, yang mengikat komponen lainnya bersama-sama, akhirnya membuat bahan yang kuat seperti batu.

Beton memiliki kuat tekan yang relatif tinggi, tapi kuat tarik yang jauh lebih rendah. Untuk alasan …