Kerusuhan Los Angeles 29 April 1992 (+ video)

Tentara AS berpatroli di lokasi kerusuhan Kota Los Angeles akhir April 1992

Pada 21 tahun yang lalu, kerusuhan rasial terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Kerusuhan dipicu oleh keputusan juri pengadilan untuk membebaskan empat petugas kepolisian dari tuduhan pemukulan terhadap seorang pengendara motor berkulit hitam, Rodney King.

Menurut stasiun televisi BBC, keputusan yang diambil oleh para juri yang semuanya berkulit putih itu menimbulkan kegusaran politis dan memicu kemarahan warga yang didominasi kulit hitam di selatan Los Angeles (LA). Massa yang marah berteriak, "Bersalah! Bersalah!" dan mencoba menyerang kantor pusat kepolisian di distrik bisnis, sebelum membakar pertokoan dan kendaraan.

Para pengendara motor ditarik dari motor mereka dan dipukuli, mobil-mobil dibalik dan dibakar. Sedikitnya lima orang ditembak mati. Kekerasan itu merupakan peristiwa paling buruk di LA sejak kerusuhan Watts pada 1965, di mana 34 orang tewas. Gubernur negara bagian California, Pete Wilson, menyatakan status darurat di wilayahnya.

Dalam pernyataan singkat di televisi, Presiden George H.W. Bush mengatakan, perusakan dan pembunuhan di jalanan kota harus dihentikan. Dia juga mengungkapkan kekhawatiran atas penggunaan kekerasan berlebihan oleh polisi kepada warga sipil.

Video2nya :

April 29, 1992: Los Angeles Riots | Video - ABC News




Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA RENOVASI RUMAH DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI

TUKANG BANGUNAN DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI

TOKO BESI DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI TERMURAH