Kuliner Bogor

Kuliner Bogor

Kota Hujan Bogor merupakan salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan libur akhir pekan bagi warga ibukota. Selain letaknya yang relatif dekat dengan Jakarta, kuliner yang unik menjadi salah satu alasan banyaknya warga ibukota mengunjungi Kota Hujan ini. Berikut adalah 6 jajanan tradisional khas kota hujan yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam merencanakan wisata kuliner Bogor.

1. Toge Goreng

Kamu yang bukan berasal dari Bogor pasti bertanya-tanya tentang kuliner Bogor satu ini, wajar saja karena toge goreng sulit ditemukan di kota lain di Indonesia. Walaupun namanya toge goreng, bukan berarti bahan utamanya yang berupa toge dimasak dengan digoreng melainkan direbus. Rebusan toge ini kemudian disajikan bersama mie kuning, potongan tahu dan ketupat. Saus yang berupa campuran tauco dan oncom disiramkan sebagai sentuhan akhir yang memberi sensasi rasa asam dan segar.

Kuliner Bogor ini sangat mudah ditemukan, beberapa yang cukup terkenal misalnya Toge Goreng Pak Inin (samping Hotel Royal, Jalan Juanda), Mang Gebro Putra (Jalan Pengadilan), Pak Iwon (Depan Supermarket Ngesti - Baranangsiang, Jalan Pajajaran), Ibu Omah (samping Toko Bogor Permai, Jalan Sudirman) dan Ma Evon (Gang Besi, Jalan Suryakencana).

2. Doclang

Kuliner Bogor selanjutnya adalah doclang yang masih “kembaran” dengan kupat tahu khas Bandung. Bedanya doclang menggunakan kentang rebus dan tahu goreng yang disiram dengan saus kacang. Saus tersebut terbuat dari kacang yang digerus agak kasar dan ditambahkan dengan tauco.

Doclang bisa ditemui di kawasan Jembatan Merah, Jalan Mantarena dan Bapak Odih di Jalan Pasir Kuda.

3. Laksa Bogor

Mencari kuliner Bogor yang cocok untuk sarapan? Laksa Bogor bisa menjadi pilihan tepat buat kamu. Ketupat, bihun, toge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus, semuanya disiram dengan kuah santan kuning dan diimbuhi bumbu dari Oncom akan sangat nikmat disajikan hangat di pagi hari.

Salah satu penjaja laksa Bogor yang cukup terkenal adalah laksa Kp. Cincau dan laksa Gang Aut. Keduanya terletak di kawasan Jalan Suryakencana.

4. Soto Mie

Yang satu ini mungkin kuliner Bogor yang paling populer di kota lainnya. Kamu bisa menemukan kuliner ini dijajakan di kota lain seperti Jakarta. Kuahnya yang bening disiram ke mie kuning dan bihun yang ditambahkan daging sapi dan gorengan risol. Untuk menyempurnakan rasanya, kamu bisa menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Beberapa penjaja soto mie yang cukup terkenal di Bogor adalah Mang Ohim di kawasan Yasmin, depan Sekolah Kesatuan (Ranggagading), Gang Selot (Jalan Juanda), dan samping Bogor Permai (Jalan Sudirman).

5. Asinan Bogor

Banyak orang yang ketagihan dengan sensasi asam asinan Bogor ini. Potongan buah atau sayur disiram dengan kuah asam pedas khas kuliner Bogor ini. Sebagai pelengkap, biasa ditambahkan taburan kacang tanah dan kerupuk kuning.

Asinan Ny. Yenny (Jalan Binamarga), Gedung Dalam (Jalan Siliwangi/Sukasari), Gang Roda, Jalan Juanda merupakan beberapa dari sekian banyak penjaja asinan Bogor di kota ini.

6. Es Pala

Wisata kuliner Bogor tak lengkap rasanya tanpa mencicipi minuman khas Kota Hujan ini. Es pala terbuat dari potongan buah pala yang dicampur dengan air, gula dan es. Es pala memiliki rasa yang cukup unik, selain rasa manis dan asam, kamu juga bisa merasakan sensasi seperti soda dalam minuman ini.

Es pala bisa didapatkan di depan Indomaret perempatan Gg. Aut dan Suryakencana, atau bisa juga dibeli di warung toge goreng Mang Gebro Putra (Jalan Pengadilan) atau di Resto de'Leuit (Jalan Pakuan).

Postingan yang mungkin anda suka !!!

Postingan Populer