Microsoft Merilis Versi Windows 10 untuk Komputer Mini

Windows-10-Raspberry-Pi2-01
Beberapa waktu yang lalu Microsoft merilis Wndows 10 full version untuk PC, dan saat ini sistem operasi baru tersebut juga merilis versi mininya yang bernama Windows 10 IoT Core. Microsoft ingin mengambil alih komputer besar dan kecil. Sistem operasi ini disediakan untuk para pengembang dimana Microsoft ingin sistem operasi barunya ini dipakai untuk membuat perangkat-perangka unik seperti robot dan sejenisnya.

Di era saat ini, segala sesuatunya mulai dari lemari es hingga mobil memiliki komputer on-board yang tertanam di perangkatnya. Sehingga sesuai dengan namanya sistem operasi ini diposisikan oleh Microsoft untuk digunakan pada perangka berbasis Internet of Things (IoT).

Wondows 10 Iot Core ini akan berjalan pada single-board mini komputer seperti Raspberry Pi 2 dan MinnowBoard Max dan tidak peduli jika perangkat komputer ini ditempatkan pada device yang memiliki layar atau tidak.

Namun Anda jangan berpikir bahwa sistem operasi ini akan sehebat versi penuhnya, yang bisa menjalankan aplikasi Office dan Photoshop. Windows 10 IoT Core ini hanya dapat digunakan untuk basis sistem otomatisasi seperti robot dll.

Versi awal dari IoT Core ditampilkan di Microsoft's //build/ conference dan sejak itu sistem operasi ini telah menambah balutan fitur baru, termasuk antaralain:
  • Peningkatan dukungan untuk Python dan Node.js, termasuk proyek Template Express Node.js terbaru.
  • Kinerja GPIO pada Raspberry Pi 2 telah ditingkatkan dari8X ke 10X.
  • Analog-to-digital Converter (ADC) dan Pulse-Width-Modulatio (PMW) kini didukung melalui breakout boards dan ICs.
  • new Universal Windows Platform (UWP) APIs memberikan aplikasi kontrol yang mudah atas fitur manajemen sistem seperti koneksi zona waktu dan jaringan.

Peluncuran Windows 10 IoT Core ini membutuhkan mesin development yang berjalan pada peluncuran Windows 10 (build 10240) dan Visual Studio 2015. Jika Anda memiliki Raspberry Pi 2 dan MinnowBoard Max, Anda dapat mendownload Windows 10 IoT Core pada Halaman Windows Dev Center.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA RENOVASI RUMAH DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI

TUKANG BANGUNAN DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI

TOKO BESI DI BOGOR DEPOK JAKARTA TANGGERANG BEKASI TERMURAH