7 Tips Membangun Rumah Tanpa Menguras Kantong ( Sumber Homify)



 Koridor dan lorong by Marion Rocher

7 Tips Membangun Rumah Tanpa Menguras Kantong


1. Rumah minimalis

Tampak Depan Ahouse:  Rumah by studiopapa
studiopapa

Tampak Depan Ahouse

studiopapa
Rumah minimalis mempunyai karakter seperti berikut: kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi, finishing dinding yang tidak rumit, interior open plan, dan detil dekorasi sederhana. Lebih sedikit detil dan bentuk yang sederhana bukan hanya menghemat biaya, namun juga waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

2. Multifungsi

 Koridor dan lorong by Marion Rocher
Marion Rocher

Vue d'ensemble

Marion Rocher
Konsep multifungsi lazimnya akan menyertai realisasi konsep rumah minimalis. Dengan menerapkan interior open plan Anda dapat mengintegrasikan tiga fungsi sekaligus dalam satu ruangan, yaitu ruang tamu/ ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Dinding pembatas ruangan tidak diperlukan sehingga bisa mengurangi pengeluaran. Memaksimalkan fungsi tiap elemen juga bisa dilakukan. Misalnya dengan memfungsikan dinding sebagai rak atau lemari dapur seperti contoh. Manfaat lebih bisa dirasakan apalagi jika lahan rumah Anda cukup terbatas.
Ad
samma design
Arsitek
semarang
Restoran "Trattoria":  Restoran by samma design

3. Perencanaan

Perencanaan mutlak dibuat sebelum melakukan apapun. Membangun rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Perencanaan biaya akan membantu kita memastikan biaya yang telah dikeluarkan tidak terbuang sia-sia. Namun sebelum membuat perencanaan anggaran, hal yang tak kalah penting adalah membuat desain rumah sesuai ide dan kebutuhan. Perencanaan anggaran bisa dibuat berdasarkan desain rumah, dan desain bisa dirubah pada saat yang sama untuk disesuaikan dengan anggaran.

4. Rumah kecil

Upaya merealisasikan mimpi sebaiknya juga disesuaikan dengan kondisi. Tidak perlu memaksakan diri membangun rumah ideal yang mewah bila dana tidak mencukupi. Membangun rumah kecil adalah solusi untuk biaya pembangunan yang terbatas. Penambahan ruangan bisa dilakukan kemudian bila dana telah terkumpul kembali.

5. Rangka atap baja ringan

 Ruang Keluarga by BOX49 Arquitectura y Diseño
Sebagian masyarakat mengatasi mahalnya harga material bangunan dengan berbagai cara. Di antaranya menggunakan beton cor dan sedikit kayu sebagai konstruksi atap. Namun cara ini akan menambah beban bangunan dan pondasi. Ada risiko keretakan dinding yang bisa terjadi. Rangka atap baja ringan memang sedikit lebih mahal, namun tidak terlalu membebani bangunan dan pondasi. Pemasangan rangka atap baja ringan juga lebih praktis sehingga menghemat waktu dan biaya pekerja bangunan harian. Selain itu, rangka atap baja ringan lebih tahan lama.

6. Survei material

 Taman by Deck-linéa
Deck-linéa

Palissade bois PARANA – Deck-linéa

Deck-linéa
Kecuali dalam keadaan yang sangat mendesak, jangan buru-buru memutuskan membeli bahan bangunan berdasarkan harga atau iklan. Luangkan waktu untuk membandingkan harga material yang ditawarkan pemasok di lokasi Anda. Bila diperlukan, libatkan kontraktor bangunan Anda untuk survei material.

7. Dinding tanpa finishing

Dana sudah menipis di saat interior rumah belum selesai seluruhnya? Tidak masalah. Biarkan saja dinding interior (atau eksterior) tanpa finishing (dempul dan cat). Dinding semen polos dan telah dihaluskan adalah ciri gaya industrial yang sedang tren. Sementara dinding batu bata tanpa disemen dan didempul sama sekali adalah ciri gaya rustic. Anda mau pilih yang mana? 
Simak artikel top lainnya:
Rumah Satu Lantai Berdinding Semen Indah dan Hemat Biaya
12 Kamar Mandi yang Ideal untuk Masing-Masing Zodiak
Manakah saran di atas  yang paling sesuai untuk kondisi Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS
Need help with your home project? Get in touch!
Komentar