Langsung ke konten utama

Halaman Utama Wikipedia


Wikipedia bahasa Indonesia mengucapkan:
Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 (1945-2018)
Tutup
Jump to navigation Jump to search
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
437.436 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Elvis pada 1970
Elvis Presley (1935–1977) adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan pemeran Amerika. Dianggap sebagai salah satu ikon kebudayaan paling signifikan pada abad ke-20, ia sering disebut dengan sebutan "King of Rock and Roll" atau singkatnya "the King". Presley lahir di Tupelo, Mississippi, dan pindah ke Memphis, Tennessee dengan keluarganya saat ia berusia 13 tahun. Karier musiknya dimulai disana pada 1954 dan menjadi figur utama dari rock and roll setelah serangkaian kesuksesan penampilan jaringan televisi dan rekaman-rekaman yang memuncaki tangga lagu. Pada 1958, ia bertugas dalam militer. Ia melanjutkan karier rekamannya selama dua tahun kemudian, memproduksi beberapa karya buatannya yang paling sukses secara komersial sebelum memutuskan untuk lebih mencurahkan diri dalam pembuatan film-film Hollywood beserta album-album sountracknya pada 1960an. Pada 1968, setelah cuti selama tujuh tahun dari penampilan langsung, ia kembali tampil dengan muncul pada acara televisi khusus Elvis, yang diikuti dengan konser keresidenan Las Vegas dan serangkaian tur berlaba tinggi. Pada 1973, Presley tampil dalam konser siaran global pertama melalui satelit, Aloha from Hawaii. Pada 16 Agustus 1977, ia terserang serangan jantung di kamar mandi di tempat tinggalnya di Graceland, dan kemudian wafat. Presley adalah salah satu musisi paling berpengaruh dan terselebrasi pada abad ke-20. Sukses secara komersial dalam beberapa genre, termasuk pop, blues dan gospel, ia adalah salah satu artis solo dengan penjualan terbaik dalam sejarah musik rekaman, dengan perkiraan penjualan rekaman sekitar 600 juta unit di seluruh dunia. Ia memenangkan tiga Grammy, selain juga meraih Grammy Lifetime Achievement Award pada usia 36 tahun, dan telah dicantumkan dalam berbagai hall of fame musik. (Selengkapnya...)
Artikel pilihan sebelumnya: Soeman HasiboeanMarilyn MonroeSlamet Rijadi

Daftar pilihan

Thierry Henry
Thierry Henry adalah seorang pensiunan pesepak bola internasional Perancis. Pada karir internasionalnya, ia memainkan 123 permainan untuk Perancis dimana ia mencetak 51 gol. Henry membuat debut internasionalnya melawan Afrika Selatan dalam kemenangan 2–1 pada Oktober 1997. Gol internasional pertamanya terjadi pada Piala Dunia FIFA 1998 melawan Afrika Selatan. Pada Oktober 2015, ia menjadi pencetak skor papan atas asal Perancis dan kedua dalam daftar penampialn untuk negaranya. Ia melampaui rekor pencetakan gol Perancis sepanjang masa sebelumnya, yang dipegang oleh Michel Platini, pada Oktober 2007 saat ia dua kali mencetak skor melawan Lituania, mencetak gol ke-43. Henry pensiun dari sepak bola internasional pada Juli 2010 setelah karir 13 tahun, membuat penampilan terakhirnya sebagai pemain cadangan, melawan Afrika Selatan, dalam kampanye Piala Dunia FIFA 2010 "bencana" Perancis. Henry mencetak gol ke-51 dan terakhirnya untuk Perancis saat melawan Austria pada bulan Oktober sebelumnya. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

Ponte Morandi
Ponte Morandi
Kematian terkini: Aretha Franklin - Balram Das Tandon - Samir Amin - V. S. Naipaul

Hari ini dalam sejarah

17 Agustus: Hari Kemerdekaan di Indonesia (1945); Festival Qixi dalam kalender Tiongkok (2018)
Tanggal lain: 16 Agustus 17 Agustus 18 Agustus
Hari ini tanggal 17 Agustus 2018 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda


Gambar pilihan

Bendera Indonesia berkibar di Monumen Nasional dalam perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2013.
Bendera Indonesia berkibar di Monumen Nasional dalam perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2013.
(ukuran asli 3.456 × 2.592 piksel, 1,65 MB)
Oleh: Flickr upload bot
Lisensi: CC-BY 2.0

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 985.012 orang sukarelawan telah mencoba menyunting dan menciptakan 437.436 artikel dalam bahasa Indonesia.
Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru
Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Agustus 2018).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat
Yang direncanakan:
belum ada kegiatan kopi darat
Nuvola filesystems www.png Kontributor teraktif
Berikut ini adalah 5 kontributor teraktif Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per November 2017. (data lengkap)
  1. JohnThorne — 99.054 suntingan (g)
  2. Albertus Aditya — 95.582 suntingan (g)
  3. Bennylin — 79.879 suntingan (g)
  4. Mimihitam — 66.259 suntingan (g)
  5. Tjmoel — 46.193 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Gorontalo, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun. Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:
Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!

Komentar