5 Tips Hemat Belanja Bahan Bangunan


5 Tips Hemat Belanja Bahan Bangunan

Saat proses pembangunan rumah, salah satu hal terpenting adalah proses memilih dan belanja bahan bangunan. Meski menyenangkan, proses ini kerap membuat anggaran pembangunan rumah membengkak. Jangan sampai ini membuat Anda mengkompromikan kualitas bahan bangunan. Perhatikan hal-hal di bawah ini saat akan belanja bahan bangunan agar Anda dapat biaya pembangunan rumah tetap sesuai rencana:

 

Lakukan pengukuran untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan


Sebelum memutuskan membeli, pastikan Anda sudah menghitung dengan detil kebutuhan bahan bangunan. Caranya dengan melakukan pengukuran pada rumah yang sedang Anda bangun, tak hanya luas tanah namun juga luas dinding. Jika Anda menggunakan arsitek, gunakan cetak biru atau floor plan untuk menentukan bahan yang sesuai dengan spesifikasi rumah Anda. Tanpa pengukuran akurat, Anda berisiko membeli bahan bangunan berlebih, atau malah kurang.

Riset harga


Untuk mempermudah pencarian Anda, Anda bisa mulai dengan menanyakan pada arsitek, kontraktor, atau kerabat, mana toko bangunan yang mereka rekomendasikan. Lakukan riset kecil dengan menghubungi toko bangunan yang sudah masuk ke dalam daftar Anda. Tanyakan harga bahan bangunan yang ingin Anda beli dan ketersediaan bahan tersebut. Selain memastikan apakah biaya bahan bangunan masih sesuai anggaran, langkah ini juga akan menghemat waktu Anda. Anda tak perlu buang waktu mengunjungi toko material satu-persatu, waktu pembangunan pun tetap sesuai rencana penyelesaian.

Perhatikan musim


Tahukan Anda, musim turut memengaruhi perubahan harga material atau bahan bangunan? Ketika musim kemarau, material bangunan umumnya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di musim hujan. Ini karena kebanyakan proses pembangunan dilakukan saat musim kemarau, akibatnya para produsen atau distributor bahan bangunan berbondong-bondong mengambil untung dengan menaikkan harga bahan bangunan. Mulailah mencicil membeli material bangunan di musim hujan dan mulai pembangunan rumah Anda di musim kemarau. Simpan dengan baik karena beberapa bahan bangunan harus disimpan di tempat yang kering dan tidak lembap agar kualitasnya terjaga, terutama semen dan pasir.

Beli dalam jumlah yang banyak


Membeli bahan bangunan dalam jumlah banyak tentunya lebih murah daripada membeli dalam jumlah sedikit. Selain perbedaan harganya bisa cukup signifikan dan dapat menghemat biaya, Anda juga akan menghemat waktu karena tidak perlu bolak balik ke toko bangunan.

Cari kerabat atau tetangga yang sedang membangun rumah


Jangan sungkan untuk meminta bantuan dari kerabat Anda yang juga sedang membangun rumah. Siapa tahu mereka bisa merekomendasikan toko bahan bangunan dengan kualitas terjamin dan harga kompetitif. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sisa material atau bahan bangunan dari mereka sebagai bahan bangunan cadangan.




Sumber : solusiholcim.com

Recent Posts

Popular Posts

Postingan Populer

Label

. .A A edit · kanopi baja ringan bogor kota bogor  082112672826  085777490204 2019 2020 A edit A OPTIMASI A OPTIMASI KANOPI A OPTIMASI TUKANG CAT A POS BANGUNAN AAA abditrass ACEH alumuniu alumunium aplikator Arsitek atap atap rumah Bagian Bangunan baja baja ringan bajaringan Bajaringan Abditrass bajaringan bogor Bajaringan Bogor|Kanopi Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi Bajaringan#bogor#kanopi#murah#berkualitas#kanopi bajaringan bogor ABDITRASS banguanan bangun rumah Bangun Rumah Tinggal bangunan banten bekasi BENGKEL LAS besi bogor canopi canopy cara membuat funiture cara pasang keramik cat rumah cat rumah 2020 dapur minimalis dapur minimalis sederhana dapur minimalis terbaru dapur minimalis terbuka Desain Dapur Desain Kamar Mandi Desain Kamar Tidur Desain Pagar Rumah Desain Ruang Keluarga Desain Ruang Tamu Desain Rumah Desain Teras Rumah distributor atap baja ringan kota bogor gambar gapura gambar rumah iklan ILMU UKUR TANAH interior dapur IRIGASI Istilah Sipil jabodetabek jakarta jasa jasa arsitek bangunan jasa bangun rumah jasa kontraktor bangunan jasa renovasi rumah jasa tukang jasa tukang bangunan jawabarat jendela dapur kanopi kanopi baja ringan kanopi baja ringan bogor kota bogor kanopi minimalis kanopi murah kanopy KITCHEN SET kitchen set minimalis Konstruksi Baja kontruksi Kusen alumunium las lemari aluminium MANAJEMEN KONSTRUKSI Manajemen Kontraktor meja dapur MEKANIKA REKAYASA 1 MEKANIKA REKAYASA 2 mekanika tanah 1 Metode Pelaksanaan model pagar minimalis model rak piring motif keramik pagar pagar minimalis Peralatan Konstruksi Peta Bogor pintu aluminium pintu minimalis pintu plastik plafon PLAFON GYPSUM plafon minimalis plafon rumah POS KURAS SUMUR pos sumur bor renovasi rumah rumah rumah 2020 rumah minimalis rumah minimalis 2020 STRUKTUR BANGUNAN sumur bor surat pengajuan talang cor talang galvalum tangga tanggerang teralis tukang tukang bangunan tukang cat tukang listrik volume pondasi warna cat tembok warna keramik